Labels

Home » » MENGENAI SEO

MENGENAI SEO

Kali ini saya ingin membahas mengenai SEO, 3 huruf ini sudah sangatlah lumrah bagi para webmaster atau blogger. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization.

SEO gampang atau susah?

Nah, pertanyaan ini susah dijawab. Karena yang satu ini sepertinya lebih banyak dibilang susah daripada gampang. Teknik yang dikembangkan juga bermacam-macam. SEO yang dianggap jitu oleh seorang blogger belum tentu dipakai oleh blogger lain. Satu yang jelas, SEO membutuhkan keuletan, kesabaran, dan waktu untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Hingga berbulan-bulan? Bisa jadi!
SEO terbagi menjadi 2 macam:

     1. ONPAGE OPTIMIZATION

Sesuai dengan namanya, SEO yang satu ini berisi tentang teknik-teknik optimasi dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu didalam webpage atau blog itu sendiri, misalnya:
  1. Pemilihan keyword yang cerdik, termasuk penggunaan dalam frase.
  2. Hanya menggunakan keyword yang diincar pada title.
  3. Menggunakan symbol << | >> pada Title.
  4. Penggunaan Header Tag.
  5. Kerapatan keyword yang cukup pada content, dan bukan keyword spamming.
  6. Penempatan keyword pada awal dan akhir webpage.
  7. Penggunaan Alt Tag yang tepat pada image.

     2. OFFPAGE OPTIMIZATION

Offpage optimization pada dasarnya terdiri dari faktor-faktor yang tidak terdapat pada halaman website atau blog kita, tapi digunakan dalam algoritma search engine ketika menentukan ranking sebuah situs. Faktor-faktor ini misalnya:
  1. Jenis-jenis situs yang memberi link ke kita.
  2. Jumlah situs yang memberikan link ke kita.
  3. Page Rank situs yang memberikan link.
  4. Anchor text yang digunakan pada link.
  5. Jumlah dan tipe situs yang me-link ke situs yang me-link ke situs kita tadi.

Perkembangan SEO

Sekarang ini, sudah banyak ribuan bahkan sampai jutaan situs yang berlomba-lomba untuk jadi nomor satu di search engine. Tentu sulit memenangkannya, beberapa webmaster atau blogger menerapkan teknik-teknik SEO yang baik. Teknik yang satu ini sering dikenal dengan White Hat SEO. Teknik Black Hat SEO biasanya beresiko. Situs yang bersangkutan bisa di-banned oleh search engine.

Nah, sekarang mau pilih yang mana? White Hat SEO atau Black Hat SEO. Tapi kalau Tidak mau situs Anda di-banned, saya sarankan kita memakai Teknik White Hat SEO karna tidak beresiko.
Selamat Mencoba dan Teknik SEO Anda berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar